Minggu Beropini : Nikah Muda

Hasil gambar untuk menikah


Beberapa tahun ini nggak bisa dipungkiri kalau fenomena nikah muda lagi hits-hits nya. Banyak selebgram yang berhijrah dan memutuskan untuk menikah di usia muda. Memang dalam agama Islam diharamkan seorang lelaki dan perempuan memiliki hubungan 'spesial' diluar nikah karena ditakutkan akan mendekati zina. Namun sayangnya, larangan berpacaran dan anjuran untuk menghalalkan malah disalahgunakan. Jujur, aku sendiri nggak serta merta setuju dengan pendapat mending nikah muda daripada maksiat. Well, menurut aku menikah bukan masalah pendapat 'untuk menghindari maksiat', atau karena alasan biar bisa pacaran yang 'halal' dan bisa ena-ena gitu. Menikah itu tentang menyatukan kedua keluarga, siap menerima kekurangan masing-masing, mampu mencari solusi bersama atas masalah yang ada dan yang pasti siap menjadi orang tua yg baik bagi anak-anaknya. Buat aku nikah bukan melulu dengan alasan biar pacarannya 'HALAL' tapi tentang kesiapan mental kita menjadi satu keluarga, menjadi rumah saat pasangan kita sedang tertimpa masalah, menjadi pelindung aib pasangan kita dan yang pasti menerima dia dengan apa adanya. Tapi, fenomena yang ada saat ini tuh justru kebalikannya. Mereka beromba-lomba buat menikah muda tanpa ada kesiapan 'MENTAL' yang matang, alhasil pas ada masalah, mereka langsung terguncang dan membuka aib pasangan. Kayak gini nih aku nggak sukanya, mereka berdalih hijrah dan sanggup menikah muda tapi ujung-ujungnya labil kayak ABG, la terus apa bedanya sama yg nggak menikah muda? mending ditahan dulu deh nafsunya... kita bisa banget lo explore potensi kita saat masa muda, karena yaaa kreatif-kreatifnya umur tuh ya pas masih muda. Muda disini buat aku rentang usia belasan sampe 20 an ya gaes, 24-25 udah masuk usia yang matang dan produktif.
Baru-baru ini ada nih, seorang selebgram kali ya karena aku bingung dianya juga bukan artis hehe. Nah, si mba nya ini masih usia 18 tahun dan suaminya 20 tahun (tetep aja tuaan aku wkw), nah mereka memutuskan untuk nikah muda. Singkatnya nih, si mba nya baru aja hijrah dan masnya keliatan shalih banget orangnya. Suatu hari mereka ada masalah rumah tangga (gatau masalah apaan) yang akhirnya membuat mba nya curhat di medsos dengan kata-kata pedes seakan membuka aib si pasangannya. Nah, begini nih kalo belum siap mental akhirnya masalah rumah tangga diumbar-umbar. Meskipun mereka udah akur lagi, tapi agak gak respect sih sama mereka pada akhirnya. 
Buat aku menikah bukan cepet-cepetan gaes, tapi siapa sih yang nggak pengen menikah. Well, tunggu dulu... sebelum nikah siapin mentalnya dulu ya gengs,biar nggak labil dan gampang kegoncang kayak contoh diatas. Nikah muda tuh baik kok asal dua-duanya sama-sama NGERTI dan MENTAL nya siap., tapi kalo belum siap apa ya harus dipaksakan biar dapet embel embel 'eh gue nikah muda nih!"
Yaudahlah sekian aja opini minggu ini, keep istiqomah ya dalam menjemput takdirmu kelak (eaaa) hehe. Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recommended song :) "Nadya Fatira-Bintang yang Meredup"

6/13 Neuro