Lomba Blog Pegipegi : Indahnya Kepulauan Anambas, sang 'Negeri Bahari'


     Indonesia memang lah negara yang kaya akan budaya dan tempat-tempah indah di dunia. Kalangan internasional pun mengakui akan indahnya negeri ini. 
Mulai dari Sabang sampai Merauke, banyak tempat-tempat indah yang membuat mata dunia tertuju pada Indonesia. Bali, Raja Ampat, Bunaken mungkin sudah tidak asing lagi namun bagaimana dengan Kepulauan Anambas?
     Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kepulauan ini merupakan kabupaten termuda di Kepulauan Riau berdasarkan UU Nomor 33 tahun 2008. Kabupaten ini memiliki wilayah yang 98,73% nya adalah lautan. Total pulaunya mencapai 255 buah, sebuah angka yang besar untuk jumlah pulau dalam ssebuah kabupaten. Dari 255 pulau tersebut hanya 26 yang berpenghuni sedangkan 229 tidak berpenghuni. Itulah mengapa kabupaten ini dijuluki 'Negeri Bahari'.
     Indahnya kepulauan ini membuat saya berkeinginan kuat untuk menjelajah sang 'Negeri Bahari'. Dan inilah beberapa keindahan sang 'Negeri Bahari' yang membuat saya memasukkannya dalam daftar 'the most wanted place that i want to visit'.
     Dimulai dari Tarempa, the capital city-nya Kepulauan Anambas. Jika dilihat dari atas, Tarempa mirip dengan Venesia, Italia. Mungkin bisa juga menyebut Tarempa ini Venesia nya Indonesia, karena alat transportasi utama di wilayah ini adalah moda angkutan laut, mirip bukan dengan Venesia?


     Setelah Tarempa, berlanjut pada 'The Most excotic Island' Pulau Bawah. Keeksotisan pulau ini mebuatnya menduduki peringkat pertama dalam ajang internasional pulau tropis yang diselenggarakan oleh CNN.com. Wah, hebat bukan?
Gugusan Pulau bawah ini terdiri dari lima pulau yaitu, Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi dan Elang. Gugusan pulau tersebut saling tersambung membentuk formasi bulat memanjang. Hamparan pasir yang putih serta air laut yang jernih membuat Pulau ini memang diakui akan kecantikannya. Jika dilihat dari permukaan air, pemandangan di dasar laut sangat mudah terlihat oleh kasat mata. Bisa dibilang lautnya seperti transparan. Tak khayal jika para pelancong asing juga sudah menikmati keindahan pulau ini, bahkan pelancong asing tersebut sengaja berkunjung dengan kapal pesiar mininya. Jika ingin berwisata ke pulau ini, disarankan pada bulan Maret hingga Juli karena ombak akan besar selain bulan-bulan tersebut. Untuk mencapai pulau ini bisa ditempuh dengan speed boat dari Tarempa selama 3 jam. 

   Dan inilah gugusan pulau bawah yang sangat indah jika dilihat dari atas. Sungguh indah bukan tempat ini?
     Destinasi selanjutnya yang tidak kalah indah adalah Pulau Penjalin. Pulau Penjalin sendiri memiliki sebutan the hidden paradise, dari julukannya saja ada embel-embel paradise pasti pemandangan pulau ini bak surga di dunia. Pulau Penjalin terletak di Kecamatan Palmatak. Hal yang membuatnya berbeda dengan pulau lainnya di Anambas adalah adanya bebatuan yang secara alami ada di sisi kanan dan kiri pulau ini. Pulau ini juga merupakan surganya para divers, karena di pulau ini koralnya sangat indah dan beragam. Jika ingin ke Pulau Penjalin bisa ditempuh dengan speed boat dari Tarempa kurang lebih selama 1,5 jam.
 
    Selain keindahan tempatnya, seni dan budaya yang ada di Kepulauan Anambas juga tak kalah mengagumkannya. Tarian yang ada di kepulauan ini menggabungkan antara unsur tradisional dan modern. Kerajinan khasnya pun beragam, souvenir yang ada di kepulauan ini merupakan hasil kreativitas dari masyarakat anambas. Sebagian besar souvenir yang dibuat berasal dari kayu, rotan, dan tempurung kelapa.
Memang indah ya kekayaan Kepulauan Anambas ini entah dari tempatnya maupun seni dan budayanya. Namun sayang, keindahan kawasan kepulauan Anambas masih belum cukup terdengar gaungnya di sebagian besar masyarakat Indonesia, padahal salah satu pulaunya mendapatkan pengakuan keindahan dunia internasional lewat CNN.com. Mungkin hal tersebut dikarenakan kurangnya promosi wisata dari pemerintah wilayah setempat. Jika nanti saya bisa berkunjung kesana, saya akan banyak memposting keindahan tempat ini di media sosial yang saya punya, karena dari situ bisa menunjukkan bahwa untuk mencapai ke Negeri Bahari tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dan menurut penelitian foto merupakan salah satu media komunikasi visual yang membuat orang lain tertarik, apalagi bagi teman-teman terdekat si pengunggah foto. Bisa jadi, lewat foto yang saya unggah mereka sang 'viewers' bisa tertarik untuk mengunjungi kepulauan ini. Memang sebuah foto adalah hal yang kecil, namun lewat sebuah foto juga sebuah perubahan besar bisa terjadi. Who knows?

Lomba BLOG-2     Oke readers, mungkin kita masih bertanya-tanya juga, bagaimana kita bisa mencapai ke kepulauan ini. Tak perlu cemas readers, karena sekarang pegipegi.com menawarkan solusi cerdas untuk kita yang cinta travelling. Dengan semboyan 'Now Travelling is Easy' dan tiket promonya membuat kita tidak perlu khawatir dengan transportasi yang akan kita gunakan. Selain tiket pesawat, pegipegi.com juga menawarkan hotel loh, jadi tidak perlu khawatir tentang tempat penginapannya.
     Semoga suatu hari nanti saya bisa menikmati keindahan sang Negeri Bahari, bukan hanya sekedar tulisan di blog namun bisa menjadi kenyataan. Apalagi sekarang dipermudah dengan adanya pegipegi.com 'Now Travelling is Easy'. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recommended song :) "Nadya Fatira-Bintang yang Meredup"

6/13 Neuro