BROKOLI


Tips Memilih BROKOLI:


  1. :) Pilih brokoli yang kering karena air yang terperangkap disela-sela kuntum brokoli akan susah keluar. Akibatnya, kuntum dan sekitarnya akan mudah busuk selama disimpan. Bila perlu, kibaskan brokoli untuk mengeluarkan air yang terjebak disela-sela kuntum itu.
  2. :) Perhatikan tampilan kuntumnya. Pilih kuntum yang masih kuncup dan padat dengan warna hijau gelap dan kompak.
  3. :) Jangan membeli brokoli yang ada bercak kehitaman atau kekuningan. Bercak ini bisa disebabkan oleh kotoran, kelayuan atau titik busuk. Amati pula bekas tebasan di pangkal batang guna mendeteksi jejak busuk di tengah batangnya. Jika ditekan, jejak busuk itu akan terasa lunak dan berair.
  4. :) Jangan ragu untuk menggunakan indera penciuman Anda guna mengenali gejala kebusukan yang tidak terlihat.
  5. :) Untuk mengetahui brokoli yang Anda beli segar atau tidak, tekan batang atas brokoli dengan ujung jari. Brokoli yang masih segar memiliki batang yang masih keras.
Tip Menyimpan Brokoli:

  1. Brokoli dapat disimpan di dalam lemari pendingin hingga selama empat hari, bergantung pada tingkat kesegarannya ketika dibeli.
  2. Bersihkan brokoli dari kemungkinan adanya ulat. Celupkan ke dalam air hangat dengan posisi krop mengarah ke bawah. Setelah ulat keluar, angkat dan kibaskan brokoli.
  3. Potong tangkai yang terlalu panjang dengan maksimal bonggol yang disertakan selebar 4 jari. Bonggol yang terlalu panjang membuat brokoli cepat tumbuh sehingga kuntumnya menjadi mekar dan berwarna kuning.
  4. Masukkan brokoli ke dalam plastik hitam guna menjaga kelembabannya. Plastik hitam membuat brokoli terisolasi dari cahaya dan memperlambat metabolismenya. Hasilnya adalah warna hijau dan kesegarannya akan bertahan lebih lama.
Tip Memasak Brokoli:

  • Memasak brokoli membutuhkan kehati-hatian tersendiri. Cukup dimasak sebentar saja agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Memasak brokoli terlalu matang membuat warnanya menjadi hijau kehitaman. Kadar nutrisinya juga banyak yang hilang, terutama vitamin C. Agar brokoli tetap hijau segar, rebus dengan air mendidih yang telah dicampur dengan 1/2 sdt garam.  
MANFAAT BROKOLI :
Super-foods-list-for-your-child-broccoli.jpg (600×398)


Kesehatan Mata
Brokoli dan sayur-sayuran berwarna hijau lainnya mengandung zat antioksidan fitokimia yang dinamakan lutein dan zeaxanthin, keduanya banyak terkandung pada lensa mata.
Daya Tahan Tubuh yang Kuat
Secangkir brokoli bukan saja mengandung asupan vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari namun juga memperkokoh sistem pertahana tubuh dengan 1359 mikrogram beta-karotene dan sedikit seng dan selenium yang sangat bermanfaat, dua macam mineral yang dibutuhkan dalam sistem kekebalan tubuh.
Mencegah Cacat pada Bayi
Sedang hamil? Anda harus mengkonsumsi brokoli. Secangkir brokoli menyediakan 94 mikrogram asam folat, sebuah vitamin B yang penting bagi pembelahan sel karena dibutuhkan pada sintesis DNA. Tanpa asam folat, sel-sel sistem syarat janin tidak dapat membelah dengan baik. Kekurangan asam folat selama kehamilan telah diketahui berhubungan dengan cacat pada bayi, seperti spina bifida (sejenis kelainan pada tulang belakang).

Mencegah Influenza / Flu
Membantu mengurangi gejala flu, karena mengandung vitamin C yang merupakan zat antioksidan dan anti-radang.
Tulang yang Kokoh
Penelitian menunjukkan bahwa brokoli mengandung lebih banyak kalsium daripada produk-produk susu lainnya sehingga membantu pembentukan tulang. Berita ini sangat menyenangkan buat orang-orang yang tidak tahan terhadap laktosa sehingga tidak perlu takut lagi kekurangan kalsium
Diabetes
Karena kandungan serat yang tinggi serta kandungan gula yang rendah, brokoli dapat membantu melawan diabetes. Serat membantu menjaga gula darah tetap rendah.



Komentar

  1. kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recommended song :) "Nadya Fatira-Bintang yang Meredup"

6/13 Neuro